“UN Teori Produktif, Penentu Kelulusan UN siswa SMK, Pengalaman pertama melaksanakan UN sebagai Kepala SMKN 6 Jakarta”

24 Maret 2009

Pagi ini jadwal UN Teori Produktif, Malam yang baru saja terlewati hampir separuhnya  membuatku terjaga, Agak sulit tidur nyenyak karena khawatir bangun kesiangan. Alhamdulillah bisa berangkat tepat waktu, Terima kasih pak Wandi (Pak Sopir Dian Taksi langgananku) untuk tepati janji bapak datang ke rumah sesuai waktu yang dipesan kemarin.Taksi yg mengantarku tiba di SMKN 6 pk 04.45, di tempat parkir sudah banyak kendaraan, ups ternyata teman-teman Ka SMK di Jakarta Selatan 1 on time dan bertanggung jawab baik terhadap tugasnya.

Pk 05.00 Kepala Dinas Pendidikan Bapak Taufik Yudi Mulyanto tiba di SMKN 6, beliau langsung menuju mushola untuk menunaikan sholat Subuh menyusul Kasudin Dikmen Jakarta Selatan yang sudah lebih dulu. Usai sholat Pak Taufik dan Pak Mursid menuju aula yang digunakan untuk pendistribusian naskah soal dan beberapa menit menjelang pk 05.30 membuka segel di pintu ruangan yang dipakai sebagai tempat menyimpan naskah soal, ikut mendampingi Kepala Bidang SMK Bapak Slamet Widodo, Ketua Rayon 04 dan Kepala SMKN di Jakarta Selatan 1.  Mulailah naskah soal dibagikan dengan tertib, teratur, disiplin dan rapi.

Sambil memantau pendistribusian naskah soal Pak Taufik, Pak Mursid, Ibu dan Bapak Pengawas dan Kepala SMKN di Jakarta Selatan 1 membicarakan banyak hal, mulai dari pelaksanaan UN, Gelar keterampilan siswa SMK, Rencana mengisi acara di Kota Tua sampai pertandingan futsal menyambut hari Kartini. Perbincangan berjalan dengan akrab diselingi sedikit humor sambil menikmati sepiring nasi goreng menu sarapan pagi kami di rayon. Pak Taufik  didampingi Pak Mursid dan Pak Slamet Widodo meninggalkan SMKN 6 menuju SMKN 15 setelah naskah soal selesai didistribusikan. Terima Kasih atas kunjungan Bapak-bapak pagi ini, perhatian dan suport yang bapak berikan menambah semangat kami.

Pk 07.40 bel tanda masuk UN dibunyikan sebagai tanda siswa peserta UN dan Ibu/Bapak Pengawas memasuki ruangan ujian sebelumnya menerima penjelasan singkat mengenai tata cara UN Teori Produktif. Bel tanda mengerjakan soal dimulai dibunyikan pk 08.00, dalam hati kami bertanya mampukah anak-anak kami?

Waktu UN selesai pk 10.00, Alhamdulillah berjalan lancar, semoga hasilnya membanggakan kita semua komunitas pendidikan kejuruan termasuk anak-anak kami dan keluarganya, Amin. Selamat bertugas kembali di UN tanggal 20, 21 dan 22 April yang akan datang, Sukses!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s