Tips mengecilkan perut & mengurangi berat badan, sumber : pengalaman pribadi n berbagai sumber

Segelas susu dan sepiring Pepaya, salah satu alternatif makan pagi
Gambar diatas adalah salah satu contoh menu makan pagi
Cara mengecilkan perut dapat dilakukan dengan pola makan sbb:
1. Tetap makan 3X sehari dengan porsi kecil, tetap memerlukan makan (nasi n lauk pauk) untuk menjaga agar metabolisme tidak melambat akibat mengurangi asupan makanan secara drastis. Berikut pola makan yang biasa saya lakukan sehari-hari:
a. Makan Pagi,
Segelas susu (bukan susu kental manis atau biasa disebut SKM karena sarat dengan gula tapi susu bubuk biasa boleh juga susu non fat, saya minum susu biasa karena susu no fat atau susu diet harganya mahal, hemat namun manfaat … he he he). Selain minum susu ditambah dengan buah, tidak perlu dijus cukup dimakan langsung , saya makan Pepaya antara 1/3 sampai 1/4 bagian dari Pepaya yang ukurannya sekitar 3 – 4 kg. Boleh juga Apel atau Jeruk sebanyak 1 butir, atau Tomat matang yang ada di dapur yang penting buah, oh iya sebelum perut diisi di pagi hari setelah bangun tidur minum air putih satu gelas untuk menahan lapar yang kadang-kadang muncul di pagi hari. Itu cara saya, lain lagi menurut cara yang saya baca dari Media Informasi Kesehatan 123 sbb:
• Makan sarapan sekitar 200 kalori. Hal ini dapat terdiri dari sepotong roti panggang dengan sedikit selai, satu butir telur dadar dan setengah gelas susu.
• Makan makanan ringan yang menyehatkan, buah buahan segar, serat yang ada pada buah buahan segar akan membikin lebih lama kenyang.
b. Makan Siang,
Nasi sebanyak 7 sampai 9 sendok makan, lauk pauk boleh banyak tapi kurangi daging, sayur tidak bersantan (seminggu dua kali ga papa deh, kasihan tukang kelapa ga laku), sambal secukupnya (kalau sambalnya banyak akan ada sisanya, kalau ada sisanya bisa buat alasan untuk tambah nasi, 9 sdm itu ukuran maksimal lho …). Perlu diingat bahwa Perkedel (berbahan kentang) dan Bihun itu identik dengan Nasi, jenis karbohidrat maka jangan dimakan kecuali sebagai pengganti Nasi alias Nasi didelete, lontong juga lho …. Menurut saran dokter sih seperti ini untuk Makan Siang :
• Makan siang sekitar 400 kalori. kira kira seukuran setengah dari rata rata porsi orang orang Indonesia ketika makan siang. (Repot menghitung kalorinya,yang penting ukurannya perut terasa ngga lapar tapi ngga terlalu kenyang, alias sedang-sedang saja alias ga sulit bernafas karena perutnya full, he he he)
c. Makan Malam,
Porsi dan menunya sama dengan makan siang tapi waktunya jangan terlalu malam, sekitar pk 18.00 sudah makan, buat yang sampai di rumah agak telat karena macet dan belum sempat makan malam di luar rumah batas waktu untuk makan bolehlah sekitar pk 20.00 asalkan jangan langsung tidur tunggu 3 jam setelah makan. Supaya ngga terasa lama nunggu 3 jam, isilah dengan kegiatan mendengarkan musik, browsing, menyiapkan perlengkapan untuk kerja/sekolah/kuliah esok hari, baca koran, baca Al-Qur’an setelah sholat Isya, dan banyak lagi aktivitas lain (keluar deh gaya Gurunya …. tapi ga bermaksud menggurui, bener deh, suer banget )
Jika setelah 2 atau 3 jam dari makan siang/makan malam tersebut merasa lapar kembali maka silakan ambil dan makan buah buahan segar sebagai snack, kalau tidak ada buah makanlah lauk pauk sisa makan siang/makan malam misalnya Tahu dan Tempe goreng, jangan makan Roti, Lemper, atau Cake dan sejenisnya.
Selain pengaturan pola makan, mengecilkan perut buncit juga dibantu dengan olahraga, lakukan olahraga yang sifatnya kardio. Olahraga kardio (disebut juga exercise cardiovasculer) sangat efektif dalam membakar kalori, karena ketika tubuh membakar kalori secara otomatis lemak lemak dalam tubuh akan berkurang, salah satu tempat favorit menimbun lemak adalah di perut lakukanlah exercise sebagai cara mengecilkan perut buncit. Jujur saya jarang melakukan olah raga bahkan hampir tidak pernah, tapi saya sering melakukan olah hati alias nelangsa …. Ups bercanda!
Ketika telah mengatur pola makan, kemudian telah melakukan exercise, masih ada yang perlu diperhatikan untuk mengecilkan perut buncit. Perhatikan kebiasaan kebiasaan yang tanpa disadari ikut menyumbang munculnya perut buncit, jadi perhatikan kebiasaan tersebut sebagai salah satu cara mengecilkan perut.
Cara mengecilkan perut buncit dengan tidak melakukan kebiasaan kebiasaan buruk
Selain menjalankan tips tips mengecilkan perut buncit, akan diperoleh hasil yang maksimal apabila juga menghindari kebiasaan kebiasaan yang kontra produktif dengan program mengecilkan perut buncit. Simaklah apa saja yang harus dihindari demi kesuksesan program
• Hindari melewatkan makan, jadi harus makan minimal 3x sehari, tapi tentu saja dengan kalori rendah tapi penuh dengan nutrisi.
• Hindari minum minuman beralkohol, jika kesulitan, kurangi konsumi minuman beralkohol.
• Jangan diet dengan berpantang mengkonsumsi protein.
• Jangan makan (makan malam ataupun makanan ringan) kurang dari 3 jam sebelum anda tidur, jadi jika jam tidur anda adalah jam 22, maka makan makan anda maksimal adalah jam 19.
• Tidur yang cukup,kurang tidur termasuk kebiasaan yang bertentangan dengan tips mengecilkan perut , tiap hari orang dewasa memerlukan waktu 6-7 jam tidur untuk beristirahat setelah seharian beraktifitas.
Selamat mencoba, semoga berhasil menjalankan tips cara mengecilkan perut buncit, selamat tinggal perut buncit.

7 thoughts on “Tips mengecilkan perut & mengurangi berat badan, sumber : pengalaman pribadi n berbagai sumber

  1. aku termasuk jarang makan nasi, tapi kadang aku makan bihun rebus , karna suka, tapi itu juga jarang2 kok. Jadi itu bisa bkal jd masalah ga ketika aku diet ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s