Setelah 30 tahun ….

Mendapat kiriman foto ini saya termangu dan berpikir betapa waktu berlalu begitu cepat tak terasa. Jalan hidup manusia pun sama berlalu dengan cepat tak terasa, demikian juga dengan cerita dalam hidup manusia tak ada yang bisa mendugabagaimana dan apa yang akan terjadi.
Di foto ini saya berdiri sambil asyik dengan alat komunikasi, entah apa yang sedang saya lakukan saat menunggu rapat di Dinas Pendidikan dimulai saya lupa, apakah sedang berSMS, berBlog, berFB, berYahoo, berGoogle atau hanya melihat foto-foto. Di latar belakang ada dua orang Bapak, salah seorang Bapak sepertinya sedang melihat ke arah tempat saya berdiri, Beliau adalah Kepala Bidang SMK.
Nah Bapak Kepala Bidang SMK di latar belakang foto inilah yang membuat saya menulis seperti tsb di atas bahwa cerita dalam hidup manusia tak ada yang bisa menduga. Ada hubungannya? Tentu! Ada apakah?
Berflash back ke puluhan tahun yang lalu, tepatnya 30 tahun yang lalu saat saya masih berseragam putih abu-abu di SMEA Negeri 14 Jakarta sebagai siswa jurusan Akuntansi, ada seorang Guru muda yang mengajar Olah Raga, (Ups jangan menduga-duga yang aneh-aneh dulu ya ….) yang mengajarnya sangat serius dan disiplin bak melatih atlit beliau bernama Pak Happy. Betul, beliau adalah Pak Happy Gustin yang sekarang menjadi Kabid SMK. Saya tidak pernah mengira bahwa kemudian saya bertemu beliau kembali di tahun 2005 ketika saya menjadi Kepala SMKN 11 Jkt, lalu sekarang saya tidak lagi menjadi Guru beliaupun sama’ tak lagi berkostum PDH Biru, meskipun saya yakin bahwa jiwa kami adalah jiwa Guru. Bedanya beliau Pejabat di Dinas Pendidikan yang tentu saja kedudukannya jauh lebih tinggi di atas saya. Murid ngga boleh melampau Gurunya ya Pak …
30 tahun yang lalu saya tak pernah membayangkan, tak pernah menduga, tak pernah bermimpi tentang jalan hidup yang akan saya lalui dan alami, yang manis, yang indah, yang bahagia, yang sedih, yang sukses, dan. Yang lain-lain …. Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan Balasan

