Sedikit tentang Redenominasi Rupiah

Istilah Redenominasi mulai menjadi topik pembicaraan hangat saat ini sehubungan rencana Pemerintah untuk memberlakukan Redenominasi Rupiah. Buat sebagian orang yang sering membaca informasi dari berbagai media tentunya sudah mengerti dan siap jika Redenominasi Rupiah kelak berlaku di negara kita, tapi mungkin bagi sebagian orang lagi istilah keuangan ini masih terasa asing. Tulisan ini mencoba memberikan sedikit pemahaman tentang istilah tersebut, semoga ada manfaatnya.
Berikut ini penjelasannya.

1. Pengertian Redenominasi

Redenominasi Rupiah adalah Menyederhanakan mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka Nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misalnya Rp 1.000 menjadi Rp 1. Bersamaan dengan itu harga-harga barang juga disesuaikan mengikuti pola mengurangi/menghilangkan digit agar daya beli masyarakat tidak berubah. Misalnya harga buku tulis semula Rp 2.000 menjadi Rp 2.
Tahun 1965 di Indonesia pernah terjadi Sanering yang membuat para pemilik uang tunai pucat pasi dan jantungan, samakah Redenominasi dengan Sanering?
Sanering adalah Pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai mata uang. Harga-harga barang tidak ikut dipotong sehingga nilai nominal dan intrinsiknya menjadi lebih tinggi yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun.

2. Tujuan Redenominasi dan Sanering

Tujuan Redenominasi adalah menyederhanakan pecahan mata uang agar lebih efisien dan tidak merepotkan dalam perhitungan saat transaksi. Mengurangi digit (Rp 1.000 menjadi Rp 1) berarti menyederhanakan penulisan dalam berbagai keperluan, antara lain dalam pembuatan laporan keuangan, perhitungan harga dan pembuatan daftar yang berhubungan dengan penulisan nominal mata uang seperti daftar gaji misalnya, dengan kata lain menghindari inefisiensi.

Tujuan Sanering adalah mengurangi jumlah uang yang beredar karena naiknya harga-harga yang mengakibatkan inflasi, jadi Sanering dilakukan karena terjadi inflasi yang terus menerus dan dalam jumlah persentase yang besar. Mengapa harga-harga naik terus menerus? Nah itu perlu dijelaskan dalam pokok bahasan lain, sabar ya ….
Lalu apa dampak ke dua hal tersebut?

Redenominasi tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat karena daya beli tetap, sedangkan Sanering menimbulkan kerugian bagi masyarakat karena daya beli masyarakat turun.
Redenominasi nilai uang terhadap barang tidak berubah karena hanya penyesuaian penulisan dan penyebutannya saja yang berubah.
Sanering nilai uang terhadap barang berubah menjadi lebih kecil karena uang dipotong nilainya.

3. Prasyarat yang harus dipenuhi untuk melakukan Redenominasi

Pertama, adanya dukungan kuat dari seluruh lapisan masyarakat termasuk Pemerintah, Parlemen dan pelaku bisnis.
Kedua, dilakukan pada saat perekonomian berada dalam kondisi stabil, Sanering dilakukan pada saat kondisi ekonomi makro tidak sehat dan terjadinya inflasi yang tinggi (Hyper Inflasi) secara terus menerus.
Ketiga, tersedianya landasan hukum dan kampanye publik serta edukasi yang intensif.

4. Rencana Pelaksanaan Redenominasi Rupiah di Indonesia

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution mengatakan sebenarnya sudah tidak perlu ada yang dikhawatirkan lagi bagi Indonesia untuk melakukan Redenominasi. “Indonesia telah memenuhi prasyarat (melakukan redenominasi) karena kondisi ekonomi yang stabil dalam beberapa tahun ke depan,” ujarnya dalam Kick Off Konsultasi Publik Redenominasi di Jakarta, Rabu (23/1/2013).
Dengan melihat kondisi ekonomi yang stabil, Darmin Nasution mengungkapkan persiapan dalam 2-3 tahun ke depan mata uang Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000 misalnya, akan ada uang dengan gambar yang persis, dengan kondisi sbb: (ilustrasi seperti gambar berikut)
Redenommmm

a. Tiga angka nol dibelakangnya akan dibuat agak kabur, namun angka 100-nya dibuat tetap menonjol,” terang Darmin.

b. Tahap selanjutnya tinggal angka 100 saja, kemudian disusul dengan perubahan pada gambar dalam mata uangnya.

c. Terakhir sampai benar-benar rupiah yang baru itu benar-benar lain.

Cukup Jelas? Semoga!

251933_248229145308910_1717381856_n

One thought on “Sedikit tentang Redenominasi Rupiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s